Sejarah Dan Gejolak Politik Di Nigeria

Sejarah Dan Gejolak Politik Di Nigeria – Politik menjadi masalah yang serius di berbagai Negara, budaya, geografis dan keadaan sosial sangat berpengaruh kepada keadaan ekonomi sebuah Negara. Nigeria menjadi Negara yang mengalami pergolakan politik yang sangat kuat hingga saat ini. Berdasarkan informasi yang bersumber dari berbagai forum berita online dan sumber cetak lainnya konflik internal yang terjadi di Negara tersebut menjadi faktor terjadi politik yang tidak stabil. Untuk memahami masalah serius dan belajar dari perkembangan politik yang terjadi di Nigeria membahasnya dengan sudut pandang yang lebih luas dan padat kali ini bisa sangat membantu agar tidak terjadi kesalahpahaman terhadap kehidupan politik di Nigeri.

Tanggal kemerdekaan resmi di Nigeria adalah 1 oktober 1961. Kemerdekaan di Nigeria mulai diperjuangkan pada saat banyak penduduk Asli yang mulai sadar dengan nasionalisme dan ingin mengubah sistem Pemerintahan kolonial dengan pembangian Pemerintahan pusat dengan Daerah yang diharapkan akan mendorong adanya pembagian kerja yang adil dan efektif. Diharapkan akan muncul sistem parlementer yang adil dan seimbang setelah Negara Nigeria menggunakan sistem Pemerintahan baru.
Tapi harapan tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi di lapangan.

Sistem parlementer yang adil dan seimbang hanya menjadi harapan yang tidak terwujud. Fakta yang terjadi lebih banyak pihak yang melakukan segala cara untuk mendapatkan kekuasaan, parahnya persaingan tidak sehat ini terjadi dari mulai aparat desa hingga pejabar menteri. Tujuan orang-orang tersebut bersaing sangat keras bukan untuk berkuasa dan memberikan kesejahteraan untuk rakyat yang mereka naungi tapi ada kepentingan pribadi dan golongan yang jadi alasan utama. kasus terburuk yang terjadi dari politisi yang berhasil mengambil kekuasaan mengambil pekerjaan, pinjaman, kontrak hingga beasiswa hanya untuk golongan pribadi mereka. Ulah dari politisi tersebut pada akhirnya membuat Pemerintahan di Nigeria menjadi yang paling korup dan melenceng dari demokrasi yang diperjuangkan pada saat merdeka.Kudeta pernah dilakukan pihak militer dalam upaya untuk mengambil kekuasaan yang akan dipakai untuk mensejahterakan kepentingan golongan mereka. Kepentingan individu dan golongan politisi membuat kesejahteraan semakin jauh dari rakyat Nigeria pada pada saat ini.

Keadaan politik di Nigeria mulai membaik sejak adanya konstitusi yang mulai diadopsi mulai 1 oktober 1961 dan dalam kontitusi tersebut Nigeria di proklamirkan sebagai Negara Federal. Terselenggaranya pemilihan umum untuk memilih pejabat desa, daerah dan pusat menjadi bentuk demokrasi baru yang berlaku di Nigeria. Untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat Ada pembagian wilayah Pemerintahan jadi eksekutif, legislatif dan yudikatif. Nigeria mulai membebaskan raknyatnya untuk memeluk agama atau kepercayaan tertentu tanpa ada tindakan diskriminatif pada golongan demi mengurangi konflik antar agama, ras dan etnis yang telah berlangsung lama di Negara ini. Keadaan politik Nigeria yang sempat bergejolak kini mulai berkembang lebih stabil dan demokratis perkembangan informasi politik lainnya bisa anda ikuti dari menu berita yang ada di situs bandar bola maupun situs berita online lainnya dan buku-buku tentang Nigeria.

Menurut beberapa sumber yang terpercaya kini demi membangun hubungan bilateral dan multilateral yang baik dengan Negara lain Nigeria telah berpartisipasi aktif dalam berbagai bentuk organisasi antar Negara diantaranya sebagai berikut:

  1. Organisasi internasional diantarnya UN
  2. British Commonwealth of Nation (1995-1999)
  3. OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries
  4. WTO (World Trade Organization)
  5. IMF (International Monetary Fund)
  6. Non Aligned Movements (NAM / Gerakan Non-Blok)
  7. AU
  8. ECOWAS (Economic Committee of West African States)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Follow by Email
Instagram