Keadaan Sosial Beragam Dan Populasi Padat Di Nigeria

Keadaan Sosial Beragam Dan Populasi Padat Di Nigeria – Negara yang ada di kawasan Afrika selalu menawarkan ciri khasnya. Nigeria menjadi negara bgian Afrika Barat paling menarik terutama dengan keberagaman kehidupan sosial penduduknya. Karena sudah banyak pembahasan kehidupan sosial masyarakat di Nigeria dari sumber yang dapat dipercaya dan informasi akurat dimana pada kesempatan ini akan dipakai untuk memberikan informasi yang lebih padat tentang kehidupan sosal di Negara Nigeria. Mungkin ada yang sudah ada rencana untuk berlibur ke Negara yang berbatasan dengan kamerun ini bisa belajar dulu tentang struktur sosial masyarakat Nigeria agar bisa lebih mudah beradaptasi bila berkunjung ke Negara yang terletak di Benua Afrika ini.

Dari beragam sumber bisa diketahui jika penduduk Nigeria memiliki keberagaman agama dan kepercayaan karena sistem demokrasi yang dipakai di Nigeria tidak melegalkan diskriminasi pada kepercaya, ras dan etnis dan kebebasan memeluk paham atau kepercayaan di junjung tinggi di Negara Nigeria. Islam dan kristen adalah agama mayoritas yang dianut oleh masyarakat Nigeria. Penduduk bagian utama Nigeria menganut kepercayaan islam yang kuat sedangkan untuk bagian selatan lebih banyak dipengaruhi oleh kristen namun kedua agama mayoritas di Nigeria ini mampu berdampingan dengan baik hingga saat ini dan menjadi keunikan sendiri bagi keadaan demografis di Negara ini.

Nigeria dikenal sebagai salah satu Negara dengan kepadatan penduduk tertinggi. Populasi penduduk yang terlalu padat bisa membawa beberapa masalah demografi yang serius. Beberapa masalah demografi yang muncul di Nigeria karena populasi penduduk yang terlalu tinggi adalah:

  1. Penanaman paham naionalisme menjadi lebih sulit dengan keberagaman budaya dan latar belakang telah menjadi doktrin yang kuat di masyarakat dan banyak yang menganut paham budaya kelompok mereka dibandingkan dengan rasa nasionalisme pada Negara.
  2. Kesejahteraan yang tidak merata. Masalah klasik yang selalu hadir bila kepadatan penduduk tinggi adalah angka kriminal yang tinggi, pemukiman kumuh dan angka kemiskinan tinggi. Kesejateraan masyarakat di Negara berpenduduk padat memang sulit di sama ratakan.
  3. Kesenjangan ekonomi. Nigeria memiliki sumber daya alam laut yang melimpah di kawasan Selatan dan kawasan ini menjadi kawasan perdagangan utama. sedangkan wilayah bagian utama merupakan tempat bagi penduduk yang mengalami kemiskinan. Kesenjangan ekonomi yang ekstrem ini bisa anda temukan di Nigeria.
  4. Hukum agama yang berbicara. Pengaruh agama mayoritas sangat kuat karena pemeluk islam dan kristen yang ada di Nigeria berusaha untuk menggunakan hukum agama mereka secara merata di seluruh Negara tapi jadi ketidakmungkinan dengan keberagaman agama yang dipeluk masyarakat Negara ini.

Mengatasi masalah yang muncul karena keberagaman dan populasi penduduk yang terlalu padat tergantung pada kebijakan Pemerintah. Pemerintah harus mampu mengambil keputusan dan membuat kebijakan yang cerdas untuk menghindari perpecahana. Kesalahan kebijakan dari Pemerintah sangat berpotensi untuk memicu konflik dari golongan masyarakat yang ada di Nigeria. Masalah ini menjadi sangat klasik untuk Negara yang memiliki keadaan sosial dari latar belakang budaya dan kepercayaan yang berbeda. Belum lagi melihat banyaknya mmasalah yang muncul karena kepadatan penduduk, potensi munculnya konflik antar etnis dan budaya yang sudah pernah berlangsung dalam waktu yang cukup lama di igeria. Pemerintah harus menjadi pihak ketiga yang tidak membela golongan tertentu. Itu adalah kesimpulan yang didapatkan dari bagaimana keragaman yang ada di Negara ini termasuk tentang masalah yang dihadapi karena populasi penduduk yang padat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Follow by Email
Instagram